Program Revitalisasi

Program revitalisasi SMK yang saat ini dilaksanakan oleh Kemendikbud adalah sebuah program yang menyiapkan SDM yg berkualitas, sesuai dengan Inpres no 9 th 2016. Revitalisasi yang saat ini dilaksanakan adalah untuk menyempurnakan dan menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi sesuai pengguna lulusan (link and match). Perbaikan dan penyelerasan kurikulum SMK akan memantapkan model kesesuaian dan keterkaitan dengan DUDI.

Kurikulum yang dirancang dengan berorientasi pada penggabungan antara instruction dan construction sehingga membentuk tahapan pembelajaran di sekolah ataupun praktik industri dan berorientasi pada hasil pembelajaran yang diinginkan. Oleh sebab itu perlunya sinkronisasi kurikulum sekolah dengan DUDI, agar ketersapan lulusan SMK benar benar optimal. Sekolah yang mendapatkan program revitalisasi tidak hanya dilakukan untuk perbaikan sapras saja tetapi juga memperbaiki kompetensi guru dan tenaga kependidikannya, sebab kualitas guru sangat menentukan tercapai atau tidaknya target peningkatan kompetensi lulusan SMK. Dan dampak yang didapat oleh SMK yang mendapat program revitalisasi adalah sangat luar biasa.

Perbaikan sapras bagi guru dan siswa lebih bersemangat dalam proses belajar mengajar karena adanya fasilitas belajar yang sangat memadai. Program tefa menjadikan siswa lebih banyak praktik dan mengasah skill yang dimiliki oleh siswa, program Job Matching membantu memasarkan lulusan SMK ke Dudi dsb.

WhatsApp chat