CBT Penilaian Akhir Semester Ganjil 2019/2020

Siswa login untuk mengakses soal ujian melalui android

Ujian akhir semester sudah mendekati harinya, maka seluruh siswa hendaknya menyiapkan diri mereka. Menyiapkan belajar, kesehatan dan mental dalam menghadapi ujian sangatlah perlu. Jika belajar rutin dan teratur tentu akan membuat mudah siswa dalam mengerjakan soal-soal ujian, karena sudah terbiasa dengan materi soal yang diuji-kan.

Begitu juga kondisi kesehatan jasmani dan rohani perlu dijaga, supaya dalam keadaan tubuh yang fit membuat kita nyaman dalam berfikir dan bekerja. Banyaknya mata diklat yang diuji-kan akan menguras tenaga dan pikiran, maka bi-asakan lah untuk berlatih.

Maka mulailah dari sekarang untuk menyiapkan segala keperluan dan kebutuhan. Atur-lah waktu se-efisien mungkin untuk menyikapi keadaan yang akan dihadapi nanti (ujian akhir semester PAS).

Semester ini kita masih menggunakan ujian berbasis komputer atau yang sering disebut Computer Base Test (CBT). Ujian Berbasis Komputer sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar sekarang ini. Penggunaan perangkat gawai atau smartphone menjadikan mudah proses KBM sampai evaluasi. Namun belakangan penggunaan perangkat ini masih belum maksimal , karena banyak siswa yang belum memanfaatkan perangkat ini untuk menambah kompetensi mereka.

Apa itu CBT?

Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah  tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan android/komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Pelaksanaan ujian dengan sistem CBT atau Computer Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Peserta ujian menggunakan sistem CBT langgung dapat memilih jawaban yang benar pada layar komputer namun menggunakan sistem PBT peserta diwajibkan menghitamkan bulatan di kertas lembar jawaban.

Pada sistem CBT peserta ujian hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang dianggap benar. Namun dengan sistem PBT, peserta ujian juga dituntut untuk teliti supaya jawaban bisa terbaca saat dikoreksi dengan mesin pemindai. Kertas juga rentan berlubang jika menggunaakan perhapus yang kasar.

Ujian berbasis komputer (android/smartphone) ini memberikan pembelajaran kepada para siswa untuk terbiasa dalam menghadapi UNBK nantinya. Semua peserta yang terdaftar pada sistem bisa mengikuti ujian melalui smartphone/laptop mereka masing masing.

Untuk pendaftaran peserta CBT- PAS SMK N 1 Tanjung bisa menghubungi wali kelas masing masing